Translate

Wednesday, December 21, 2016

Jaringan menurut Skalanya


  
    1. Jaringan menurut Skalanya


Kalau berdasarkan  skalanya, jarinagn dapat dikelompokkan sebagai MAN  (Metropolitan Area  Network),  LAN (Local Area  Network), WAN (Wide Area Network), GAN  (Global Area Networki), Internet dan Intranet dan lain lain.


Image result for gambar MAN WAN LAN GAN

1.   MAN  (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network adalah sebuah jaringan  komputer yang menghubungkandua atau lebih Local Area Network namun tidak melewati batas kota, atau  area metropolitan tertentu.

   
2.   WAN (Wide Area Network)

WAN  (Wide  Area   Network)   adalah   kumpulan   dari   LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan  dengan menggunakan alat komunikasi modem  dan jaringan Internet yang mencakup area  geografi yang   luas,  dari/ke   kantor pusat  dan   kantor cabang, maupun antar kantor cabang.  Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat sert dengan  biaya   yang relatif  murah.  Sistem  jaringan  ini dapat  menggunakan  jaringan Internet  yang  sudah  ada,  untuk menghubungkan antara  kantor  pusat  dan  kantor cabang  atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang  berada di  lain kota ataupun negara.

Keuntungan Jaringan WAN, adalah sebagai berikut:

  Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.

•    Komunikasi  antar  kantor  dapat  menggunakan  E-Mail
                                        & Chat.

  Dokumen/File  yang  biasanya  dikirimkan  melalui  fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke  kantor  pusat dan  kantor  cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu  yang  sangat cepat.

   Pooling  Data  dan  Updating  Data  antar  kantor  dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

3.   LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana  terdapat beberapa  unit komputer (client) dan  1 unit komputer untuk  bank  data (server). Antara masing-masing client maupun antara  client dan  server  dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.


  
4.   GAN  (Global Area Network)

Global Area Network dikembangkan  oleh banyak  kelompok dan tidak ada definisi utama   tentang  GAN iniTetapi, umumnya GAN  adalah model yng berfungsi untuk mendukung komunikasi  mobile  yang  mencakup  bebrapLAN wireless, area yang  dilingkupi satelit, dan sebagaimya.

5.   Intranet


Intranet  merupakan  kumpulan  dari  jaringan  - jaringan yang saling berhubungan  dan memanfaatkan  internet protocol dan  alat - alat berbasis IP seperti web browser dan sebagainya. Perbedaan menyolok Intranet dengan Internet adalah Intranet
Metayani  satu  organisasi  tertentu  saja.  Ciri  khas  intranet
adalah adanya administrator dari sebuah intranet yang menjaga
intranet  agar  tertutup  dar  jaringan  luar.  Sebuah  intranet
biasanya  adalah  jaringan  lokal  dari  sebuah  perusahaan
tertentu.

6.   Internet

Internet  adatah sekumpuan jaringan yang tersebar di seluruh
dunia yang saling terhubung  membentuk  satu  jaringan
besar komputer. Dalam jaringan ini layanan biasanya dibatasi
antara  lain  :  FTP,  E-Mail,  Chat,  Telnet,  Conference,News
Group,  Mailing  List.  Biasanya  jaringan  ini  menggunakan
protokol  TCP/lP,  walaupun  ada  sebagian  kecil  yang
menggunakan  jenis  lain  (lPXNovell  Netware,NetBios,  dan
lain-lainnva). 





No comments:

Post a Comment