Translate

Saturday, February 15, 2020

Pengertian dan Perbedaan Memory RAM Server dan Memory RAM PC

tipskominfo.blogspot.com




APA ITU RAM SERVER??
APA ITU RAM PC??
ADA BEDANYA??
Assalamualaikum sobat tipsko Terlebih dahulu sobat tipsko tentunya sudah mengetahui apa itu RAM pada komputer, RAM (Random Acces Memory) sebuah memori utama di dalam operasi komputer dimana RAM tersebut digunakan sebagai media penyimpanan sementara disaat komputer menyala dan mempunyai  fungsi untuk mendukung dan melayani prosesor dalam menjalankan proses computing.

Nah,, sebelum kita membahas tentang Pengertian dan Perbedaan Memory Ram Server dan Memory Ram PC, sobat tipskominfo di dalam dunia komputer sendiri sudah dikenal dengan dua jenis RAM komputer yang masing-masing berbeda dari spesdifikasi serta penggunaanya.

Yang pertama
RAM ECC adalah ECC RAM (error correcting code) atau RAM yang khusus digunakan untuk komputer yang khusus digunakan untuk kebutuhan komputer server,data center yang membutuhkan performa dengan tingkat kesalahan yang kecil. Dari namanya saja sudah Error Correcting Code yaitu suatu metode yang digunakan untuk meminimalisir kesalahan dari memori serta memperbaiki kesalahan tersebut dengan memasang memori tambahan yang kusus sebagai ECC nya.
Menurut beberapa sumber RAM ECC ini memang hanya cocok untuk perangkan komputer dengan spesifik tertentu yang mampu menunjang dari kinerja RAM ECC sendiri salah satu pendukungnya adalah Processor dengan series Intel Xeon, pernah mencoba dipasang di PC biasa dia tidak cocok atau komputer tidak mau hidup,ada yang hidup namun bluescreen kemudian,

Jumlah chip pada RAM ECC memilih chip yang lebih banyak. Penggunaan RAM ECC untuk server yang membutuhkan stabilitas tinggi. Namun dalam penggunaan RAM jenis ini agar performanya lebih maksimal harus didukung dengan motherboard dan processor yang sesuai.

Perbedaan antara keduanya terletak pada perbedaan fisiknya yakni Jumlah chip nya.Dimana ECC RAM menggunakan Chip tambahan untuk memfilter error/ kesalahan yang berkemungkinan terjadi pada saat melakukan data computing
tipskominfo.blogspot.com


Yang Kedua 
Memori RAM PC merupakan RAM yang biasa kita gunakan pada jenis mother board dan processor biasa / non server, yang tidak memiliki feature ECC (Error Correcting Code) pengkoreksian kode kesalahan dan jumlahnya chip nya biasanya sedikit kebanyakan sih (8) menurut mimin ya,,koreksi kalau salah

Merek - Merek dari RAM

V-GEN
Corsair
Hynix
Kingston
Samsung
Elpida
Team
G-Kill
Venomrx
Savio
Silicon
MidasForce
Micron
Silikon Power

Kesimpunya Tiap Ram itu bisa kita gunakan sebaik - baiknya jika kita punya kemampuan dalam menganalisa RAM apa yang harus kita beli sesuai dari kebutuhan kita,apabila kita akan membuat sebuah server maka kita harus membeli komputer ECC RAM,dan untuk penggunaan PC Rumahan, Kantoran,dll selain server maka kita sesuaikan dengan membeli RAM PC saja,,explore boleh tapi tetap dengan rule device yang berlaku.

terimakasih sobat tipsko,,sudah berkenan membaca mohon bagikan ..jika ini bermanfaat
serta teteap menuliskan sumber tulisannya sekian dari mimin...

No comments:

Post a Comment