Translate

Tuesday, December 20, 2016

Sejarah singkat jaringan komputer didunia

Sejarah jaringan komputer

Sebelum adanya  jaringan  komputer yang memungkinkan  komunikasi langsung antar  komputer, komunikasi dan  perhitungan yang  melibatkan komputer zaman dahulu biasanya  dilakukan secara  manual dengan manusia sebagai media komunikasinya. Manusia membawa instruksi - intruksi antar komputer.


Pada tahun 1940-an  di Amerika pada sebuah proyek pengembangan  komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group  riset Harvard University. Proyek ini dipimpin  oleh  profesor   H. Aiken.  Pada mulanya  proyek  ini hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus digunakan bersama.

Metode menghubungkan  output sebuah sistem (seperti teletype) ke komputer merupakan  sebuah  objek yang sangat  diminati di ARPA (Advanced Research Project Agency). Proyek ARPA sendiri  merupakan  proyek milik departemen pertahanan Amerika Serikat yang ingin  mengembangkan sebuah projek Intergalatic Network yang tujuan akhirnya adalah menjadikan Amerika Serikat sebagai penguasa teknologi tertinggi di dunia.

Pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer. Saat itu dikenalkan sebuah  konsep  untuk  menghubungkan komputer yang saling tersebar. Konsep tersebut adalah konsep distribusi proses berdasarkan waktu  yang  dikenal dengan nama  Time Sharing System (TSS), maka  untuk  pertama kali bentuk  jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada  sistem  TSS beberapa  terminal  (komputer)   terhubung  secara   seri  ke sebuah   host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak  perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Image result for TSS  komputer


Memasuki  tahun  1970-an, setelah   beban    pekerjaan    bertambah  banyak  dan harga perangkat komputer besar mulai terasa  sangat   mahal, maka  mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti yang ada pada gambar , dalam proses ini beberapa host  komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk  melayani beberapa terminal yang terhubung di dalamnya


Image result for distributed processing

No comments:

Post a Comment