Translate

Tuesday, March 14, 2017

Pengertian Partisi Harddisk. apa itu partisi harddisk?

Partisi Harddisk






gambar di ambil dari  leemot.comRelated image


Didalam sebuah Komputer tentunya tidak terlepas dari sebuah media penyimpanan,
yang biasa digunakans sebagai media penyimpanan baik itu installasi Sistem Operasi, Aplikasi dan juga berfungsi sebagai media penyimpanan data- data baik itu data yang berbentuk Audio,video dan gambar dan juga Text dokumen.

Media penyimpanan (Harddisk) sendiri mempunyai peranan penting bagi sebuah Komputer karna sebagai media penyimpanan dari data- data yang sudah dikerjakan oleh user menggunakan computer itu sendiri.

Hal penting yang harus di lakukan pada sebuah Harddisk pada Komputer adalah sebuah pembagian partisi dimana kata partisi ini berasal dari Bahasa inggris yaitu bagian - bagian. Dalam melakukan sebuah partisi harddisk perlu diketahui beberapa bagian dari partisi tersebut, dan yang dikenal dalam istilah Partisi Harddisk dikenal sebagai berikut :
 

1. Partisi Primary

Partisi Primary adalah partisi utama dimana pada partisi primary ini system operasi (OS) akan di install (Windows/Linux/..)sehingga ketika partisi primary ini rusak atau mengalami bad sector, itu tidak akan mempengaruhi pada partisi yang lain. Partisi ini biasa di sebut dengan nama Partisi (Drive C) dan untuk membedakan antara antara Hrddisk yang terinstall sistem operasi dan harddisk sebagai penyimpanan data.

2. Partisi Extended

Partisini ini adalah bukan merupakan sebuah media penyimpanan tapi partisi extended ini adalah  pembatas antara Partisi Primary dengan Partisi Logical.Pada partisi ini terdapat partisi logical - logical.

3 Partisi Logical

Partisi Logical adalah merupakan partisi yang berupa media penyimpanan yang merupakan bagian dari partisi Extended yang biasa digunakan sebagai media penyimpanan yang di baca harddisk berikutnya setelah harddisk (Drive C) yang di baca seperti (Drive D,E dan seterusnya).


sekian penjelasan singakt tentang partisi harddisk semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment