Translate

Wednesday, December 25, 2019

HDD VS SSD VS SSHD! Rekomendasi Penyimpanan pada Komputer.

Asslamualaikum sobat ..jumpa lagi
kali ini saya mau bagi tahu tentang cara memilih penyimpanan untuk komputer desktop/laptop anda.

Cara Memilih Penyimpanan PC/KomputerHDD,SSD atau SSHD ?




Bentuk dan Ukuran 

A.SSD

Sobat untuk sobat yang memang membutuhkan penyimpanan yang tipis dan simple dan tidak terlalu besar dalam kapasitas penyimpanan maka SSD boleh jadi pilihan karna SSD dibuat tanpa komponen berputar seperti HDD.Sangat cocok untuk PC tipis dan ringan serta design yang lebih kompleks.Untuk Notebook standar,SSD tersedia dengan tinggi 7mm.

 B. HDD
Hdd memang masih jadi penyimpanan yang dominan dan favorit karna kapasitas data yang bisa disimpan jauh lebih besar di banding SSD. Kemudian HDD juga menjadi pilihan karna handal dan harganyapun cenderung lebih murah dibanding SSD dari segi ukuranpun desain standar 7.mm dan 15 mm masih bisa digunakan di laptop /desktop yang memerlukan ukuran atau ruang penyimpanan yang banyak dan harganya murah.

Kapasitas

HDD

Hard disk selalu menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar ukuranya pun bisa dibilang secara Eksponensial lebih besar di banding Solid state Drive,untuk saat ini ukuran hard disk untuk konsumen mencapai 12 TB dan masih berkemungkinan bertambah.

 SSD
Sedangkan untuk Solid State drive baru mentok di 4 TB itupun dengan harga yang sangat mahal.Sementara solid state drive hanya terjangkau dengan kapasitas lebih rendah. Harga SSD berkapasitas tinggi maka akan semakin semakin tinggi harganya

SSHD


Solid state hybrid drive (SSHD)  juga menawarkan poin kapasitas maksimal dengan harga terjangkau,SSHD mengombinasika beberapa aspek terbaik dari HDD dan SSD akan tetapi tidak semua bisa cocok dengan semua kriteria.

Kecepatan

SSD menghadirkan performa yang terbaik unutk menjalankan boot dan performa baca/tulis yang tinggi guna mendukung komputasi yang memerlukan kemampuan multitasking lebih baik.

SSHD dapat menghadirkan performa serupa SSD saat menjalankan boot, pengaktifan, dan Loading

Hard disk biasanya menghadirkan performa yang memadai untuk sebagian besar platform PC yang dipasarkan dewasa ini.

Harga

SSD

Harga SSD berkapasitas rendah dapat dijangkau dalam kisaran 250GB hingga 500GB. Namun, SSD berkapasitas tinggi sangat mahal, khususnya saat diukur berdasarkan biaya per gigabyte.



HDD

Beda dengan yang satu ini masih bisa terjangkau untuk yang low budget banget Hard disk menyediakan biaya terendah per gigabyte. lihat info harga di bawah referensi dari gogle.



SSHD

SSHD menyediakan biaya per gigabyte yang sedikit lebih tinggi dibandingkan hard disk.
menurut mimin sih beda sedikit hehehe 
tipskominfo hdd

Daya tahan Baterai

1. SSD menjadi primadona yang paling hemat di urutan pertama Solid state drive paling hemat daya.

 2. Solid state hybrid drive menempati posisi kedua dengan perbedaan tipis karena lebih sering berputar dibandingkan hard disk.

Secara umum, penyimpanan tidak akan memengaruhi daya tahan baterai di komputer laptop lebih dari 10%. Daya prosesor dan layar LCD paling banyak berperan menghabiskan daya baterai.

Keandalan

Tingkat kegagalan pada teknologi SSD, HDD, dan SSHD memiliki peringkat yang sangat serupa.
Namun jika memberi saran SSHD menggunakan bagian flash dan HDD secara lebih efisien daripada saat dipisahkan, jadi keduanya dianggap sangat andal.

Ketahanan

Nah dari ketahanan Solid state dianggap mempunyai ketahanan yang lebih tinggi dibanding HDD dan SSHD kenapa?? karna  SSD merupaka komponen yang tidak seperti HDD dan SSHD yang masih menggunakan komponen bergerak sehingga tahan benturan, terjatuh, dan suhu ekstrem yang lebih tinggi.

Image result for ssd
tampak dalam SSD tidak terdapat piringan magnet.(sumber gambar google)

Ringkasan

Saat meningkatkan penyimpanan laptop, memilih antara teknologi HDD, SSD, dan SSHD cukup sulit. Mungkin pertanyaan penting untuk diajukan adalah: Bagaimana cara Anda mendapatkan kapasitas maksimum yang hampir sama cepatnya dengan solid state, namun sesuai anggaran? Secara keseluruhan, solid state hybrid drive dapat memberikan kombinasi terbaik dari karakteristik performa dan pertimbangan anggaran untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Produk Terkait

No comments:

Post a Comment