Translate

Thursday, March 16, 2017

Cara Merubah Format Grouping Number dari Koma menjadi Titik

Cara Merubah Format Grouping Number dari Koma menjadi Titik

Pada suatu hari saya mendapat masalah pada salah satu user yang menggunakan Ms.Excel,user mengatakan kepada saya bahwa dia tidak dapat melakukan perhitungan otomatis.Saya sempat berfikir wah ini sih mudah! karna biasanya kalo begitu hanya autosumnya saja yang belum aktif atau format pada coloumnya belum diseting ke number atau currency.

Tapi yang saya temukan setelah itu bukan pada Auto Sum dan Format coloumnya. lama saya belum menemukan cara untuk memecahkanya karna dia hanya memproses angka bilangan yang mempunyai titik (.) contoh 20000 + 2000 = 22000 atau =SUM(cel1:cel2) = 22000 kemudian ketika membaca 22,000 + 2.000 = 2022 yang seharusnya kalo kita mengikuti standar internasional adalah koma merupakan bilangan bukan decimal adalah 24000 dan titik adalah tanda bilangan decimal di belakang angka. ternyata masalahnya adalah teman saya biasa dengan pemberian tanda titik dengan standar Negara saya Indonesia.dan dia menginginkan perhitungan dengan standar titik saja dan koma (,) sebagai decimal.

Tanpa Pikir panjang saya langsung buka Control Panel. teringat dengan artikel yang saya baca dalam sebuah blog.

kebetulan saya pakai Win.10 maka Klik kanan Pada Start > klik Control Panel >


Maka akan muncul tampilan dari control panel tersebut .


Kemudian Pilih Clock, Language, and Region.


Pada Tab Format rubahlah regionya menjadi Indonesia ataupun Negara mana saja yang anda kehendaki.



Maka Format tanggal dan waktu pun akan menyesuaikan sesuai standar dari Negara yang telah kita pilih . Peubahan itu juga merupakan kunci dalam format titik sebagai group angka dan koma sebagai tanda decimal dan juga currency seperti yang dapat dilihat pada additional setting . seprti gambar di bawah ini.

Setelah anda melihat pada additional setting maka selesai masalah saya penggunaan titik pada  Ms.Excel untuk perhitungan menggunakan format dari standar Negara saya Indonesia. jangan lupa

Klik Apply kemudian OK


Terima kasih semoga bermanfaat!

Allahuma inna nas aluka ilman warzukni fahman..

No comments:

Post a Comment