Translate

Monday, January 20, 2020

Pengertian singkat Prosesor,Apa itu prosesor dalam komputer?

 

 
Pengetian singkat prosesor

 

Apa itu prosesor dalam komputer??Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa inggris : Central Procesing Unit/Processor;CPU),merujuk pada perangkat keras komputer yang menjalankan eksekusi perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain,pemroses/prosesor (Processor), yang sering disebut CPU oleh kebanyakan orang.Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu-tunggal.Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu- tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting yang di terapkan dalam CPU.

CPU merupakan bagian yang terpenting di dalam komputer  karna berfungsi mengatur semua aktivitas yang ada pada komputer tersebut mudali dari menjalankan App hingga akses data dan komunikasi antar Hardware.Kecepatan dari eksekusi processor tergantung pada frekuensinya, satuan adalah MHz (MegaHertz) Atau GHz (GigaHertz) 1 Ghz=1000MegaHertz

Berkas:CPU block diagram.svg
gambar cara kerja dari komponen Prosesor dari wikipedia

Komponen dasar dalam CPU dibagi menjadi beberapa unit komponen penting yang terbagi seperti dibawah ini :

Kontrol Unit (CU) adalah komponen yang mampu jalanya Program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmetika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (input) dan keluaran (output).
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmetika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Register merupakan penyimpanan kecil yang mempunyi kecepatan yang cukup tinggi, yang sebagai tempat untuk menyimpan data dan/atau menyimpan instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersidat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saa sedang diolah atauapun data untuk pengolahan selanjutnya.Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar dari instruksi ditentukan. 
ALU sering disebut dengan mesin bahasa karena bagian dari ALU terdiri dari dua bagian, Yaitu unit arithmetika dan unit logica boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas dari ALU yang paling utama adalah melakukan semua perhitungan aritmetika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmetika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
 
CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, peranti masukan /keluaran.
 
 
Terima kasih sobat ini artikel bersumber dari wikipedia
https://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral
semoga bermanfaat.
 

 

No comments:

Post a Comment