Translate

Sunday, December 22, 2019

VIRAL CHINA MEMBUAT MATAHARI BUATAN 200JUTA DERAJAT CELCIUS


Halo assalamualaikum..sobat kali ini
mimin kaget denger china sedang membuat proyek membuat Matahari tiruan dengan nama HL-2M

yukk simak beritanya

 matahari buatan
gambar : Liputan6.com


China akan mengoperasikan proyek matahari buatanya, HL-2M Tokamak pada 2020. HL-2M Tokamak berfungsi untuk meniru fusi nuklir, seperti dikutip Newsweek.


Apa itu fusi nuklir??

Fusi nuklir adalah suatu proses yang memberikan daya pada matahari untuk bersinar. nah matahari buatan ini dibuat sama agar memeiliki proses yang alami yang di indentikan dengan matahari aslinya yaitu  meniru reaksi alami yang terjadi di matahari yang menggunakan hidrogen dan deuterium sebagai bahan bakar.

Tujaun dari Proyek Pembuatan matahari??

Matahari buatan ini bertujuan menyediakan energi bersih melalui fusi nuklir terkontrol.
..
Duan Xuru, adalah salah seorang ilmuwan yang terlibat pada proyek ini mengatakan HL-2M Tokamak akan mencapai suhu lebih dari 200 juta derajat Celcius. Itu sekira 13 kali lebih panas dari pusat matahari.

Didalam Proses pembuatanya,para ilmuwan harus membakar bahan bakar hidrogen sampai suhu lebih dari 100 juta derajat celcius. Hidrogen akan menjadi plasma panas.kebayangkan panasnya kaya gimana??

Kemudian,plasma yang sangat panas ini harus dikunci atau di kekang menggunakan alat berbentuk donat yang disebut tokamak. Tokamak akan menggunakan medan magnet di dalamnya untuk menstabilkan plasma sehingga reaksi dapat terjadi dan energi dapat dilepaskan.
..
Pada Perangkat sebelumnya plasma hasil pembakaran hanya mencapai 100 juta derajat Celcius, sebuah terobosan yang diumumkan pada November 2018.
..
Dengan memanfaatkan kekuatan yang dihasilkan melalui fusi nuklir, China akan mendapatkan energi bersih yang hampir tak terbatas.
..
Para peneliti di seluruh dunia telah berusaha untuk mencapai tujuan ini selama beberapa dekade terakhir. Maka dengan berhasilnya proyek ini, China telah membuat gebrakan baru terkait teknologi fusi nuklir.

Duan Xuru mengumumkan perangkat itu akan mulai beroperasi pada 2020 di Konferensi Energi Fusi China 2019.
..
"HL-2M akan memberikan para peneliti data berharga tentang kompatibilitas plasma fusi berkinerja tinggi dengan pendekatan untuk lebih efektif menangani panas dan partikel yang dikeluarkan dari inti perangkat," kata James Harrison, fisikawan fusi yang tidak terlibat dengan proyek.

Referensi

Instagram Okezone.com

No comments:

Post a Comment