Translate

Friday, December 6, 2019

Pengertian Hard disk drive (HDD) dan Fungsinya

Assalamualaikum Sobat tipsko..
mudah-mudahan selalu sehat ya brother semua..

oke hari ini kita akan bahas salah satu perangkat penyimpanan utama yang ada di komputer baik itu Desktop ataupun Laptop

Oke langsung aja!

APA ITU HARD DISK ???





Hard disk adalah peangkat keras yang bisa dipakai untuk menyipan data, aplikasi bahkan sistem operasi dari komputer itu sendiri.

APA FUNGSI DARI HARDDISK??

Harddisk merupakan salah satu komponen yang sangat penting didalam komputer, yang  Berfungsi menyimpan semua data / content digital seperti. Dokumen, foto, audio,video,program,preferensi aplikasi dan sistem operasi mewakili konten digital yang tersimpan di Hard disk. Hard disk terbagi menjadi dua yaitu hdd Internal dan External.

Baik sampai disini sobat sudah faham??

Lanjut ..

Semua yang disimpan pada hard disk diukur berdasarkan ukuran file. Dokumen (teks) biasanya berukuran sangat kecil, sedangkan foto berukuran besar,musik berukuran lebig besar,dan video berukuran terbesar. Hard disk akan menentukan ukuran file digital dalam satuan megabyte(MB), Gigabyte(GB), dan terabyte(TB) 

catatan :
Tapi itu semua bukan teori yang pasti karna besarnya file sekrang dipengaruhi oleh device pembuat data tersebut contohnya untuk foto bisa juga lebih besar apabila pengambilan foto tersebut diambil dengan kamera yang mepunya pixel yang tinggi begitupun video..

BERAPA UKURAN HARDDISK TERBAIK.??

Jawabanya adalah tergantung. Tergantung dari Hard disk tersebut apabila dia sebagai penerima data bank atau server kemungkina kapasitas yang digunakan pun harus jauh lebih besar dari data yang disimpan, kemudian apabila digunakan sebagai penyimpanan video cctv tentunya akan lebih besar lagi

Jika anda hanya perlu mentransfer file dalam jumlah antara komputer dan hard disk cadangan ,hard disk yang lebih kecil (Hardisk ekspansi atau Backup plus) adalah pilihannya. 
(Gambar dari google dan tokopedia)


Image result for hdd expansion
Jika anda ingin mencadangkan seluruh konten dalam komputer atau bahkan beberapa komputer atau menyimpan banyak file video dan  audio, maka yang anda butuhkan adalah sebuah Harddisk dengan kapasitas yang sangat besar (seperti Harddisk desktop backup plus).


Tersedia kapasitas 4-10 TB penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan file.



Image result for Harddisk desktop backup plus

PC ATAU MAC??

Hard Disk adalah perangkat penyimpanan yang bisa digunakan oleh semua jenis komputer dengan OS yang berbeda asalkan anda memformat hard disk tersebut telebih dahulu..hehhe fahamkan guys???

Image result for pc atau mac?
Gambar (http://alvianzul.blogspot.com) nyomot ya bang gambarnya pissss..

APAKAH KECEPATAN HARDDISK PENTING???
Kecepatan Putaran (rotasi per menit, atau RPM) harus diperhatikan karna cukup penting .Semakin cepat disk (platter) berputar, maka semakin cepat juga komputer dapat menemukan file  yang diinginkan.

Hard disk 7200 RPM  pasti akan lebih cepat dibandingkan dengan Hard disk dengan 5400 RPM. Namun dengan hard disk external, anda akan tidak mudah untuk mengetahuinya diantara dua  kecepatan RPM.Hal yang sama berlaku pada harddisk internal , terutama denagn file ukuran  lebih kecil. Namun anda akan melihat peninggkatan signifikan pada hard disk 7200 RPM dengan file yang berukuran lebih besar.

gambar dari channel youtube LiudasBar.

Image result for hdd 7200 rpm  

Mana yang harus dipilih ?? Hdd external atau internal ???
  


Image result for hdd external atau internal
Gambar dari (https://www.elektronikgadget.com) nyomott ya bangg makasiihh..

Tergantung pada kebutuhan anda. Membeli atau menggunakan hard disk internal komputer (barraCuda) akan memberikan penyimpanan untuk semua File.Sedangakan Hard disk external akan memberikan penyimpanan portabel prakttis bagi anda kapanpun dan dimanapun anda berada bisa langsung mengkoneksikanya..untuk mengambil data yang dibutuhkan. 

Perlukah kita hard disk external??

Saran dari saya sendiri sobat perlu juga mempunyai hard disk external sebagai antisipasi ketika tiba2 harddisk internal pada komputer sobat rusak secara tiba2 maka hal yang terpenting sebelum install ulang atau penggantian hdd adalah pembeckupan data itu sendiri dari sehingga data kita bisa diamankan.. 
kebayangkan ??? apalagi kalau yang hilang file2 seperti skripsi atau video wedding job dari orang lain kan bisa report..


ok sobat cukup sekian untuk detil teori hdd di artikel berikutnya ya..

 




No comments:

Post a Comment